Wednesday 19 October 2016

Warna Mempengaruhi presentasi mu

 Slide Presentasi Powerpoint. Slide presentasi semisal pada powerpoint, memiliki 3 komponen dasar, yaitu background atau image, font atau jenis huruf dan perpaduan warna sehingga harmonis. Bisa jadi selama ini Anda menggunakan gambar atau kalimat untuk menyampaikan pesan. Padahal warna sejatinya juga mampu menyampaikan pesan. Bedanya kalau jenis huruf menyampaikan pesan tersurat, sedangkan image dan warna menyampaikan pesan tersirat.
Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menyesuaikan warna dengan slide Anda. Berikut adalah tips dari saya untuk mengoptimalkan slide presentasi powerpoint Anda dengan warna yang mampu menyampaikan pesan. Tips ini bisa Anda modifikasi sesuai kebutuhan Anda:
  1. Slide pertama pada presentasi Anda biasanya berupa judul presentasi. Sesuaikan warna dominan judul presentasi Anda dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. Jika Anda ingin menginspirasi audiens, coba dominankan warna ungu pada slide presentasi Anda. Karena ungu tampak elegan dan penuh keajaiban.
  2. Slide kedua umumnya berupa profil pembicara. Apa yang ingin Anda tonjolkan dari diri Anda? Jika Anda ingin terkesan smart dan bisa dipercaya, dominankan warna slide Anda dengan biru. Jika ingin tampil elegan, warna hitam atau silver pas untuk mengangkat brand Anda.
  3. Slide konten beragam. Sesuaikan warna Anda dengan audiens. Jika audiens anak-anak muda, maka warna hangat (kuning, merah dan orange) cocok untuk dominasi slide presentasi powerpoint Anda. Sedangkan untuk konten spiritual, Anda bisa menjadikan warna hijau, putih atau emas sebagai warna utama.
  4. Oya, image pun juga memiliki dominansi warna bukan? Nah, Anda bisa menggunakan warna image tersebut sebagai simbol pesan tersirat yang ingin Anda sampaikan. Kadangkala sebuah seminar atau training butuh adanya refreshing atau ice breaking. Maka untuk slide ice breaking, usahakan Anda menampilkan image manusia dalam posisi bergerak, seperti berlari atau melompat. Dan usahakan image tersebut mengenakan pakaian yang berwarna cerah. Sebaliknya jika Anda ingin membawa audiens lebih tenang, maka tampilkan image tumbuhan, dominansi warna hijau yang teduh. Ini bisa membantu mengondisikan peserta.
  5. Untuk closing presentasi tampilkan warna yang berbeda dari slide-slide sebelumnya. Karena closing sangat berpengaruh untuk audiens. Closing yang bagus akan membuat peserta selalu termotivasi. Oleh karena itu usahakan pesan yang tersampai dalam slide closing tampak dengan jelas. Kontraskan warna huruf dengan background. Ini akan menjadikan pesan penutup slide presentasi powerpoint Anda lebih memukau.
Sumber : Dari Berbagai Sumber

Tempat Reparasi Slide Presentasi Anda

0 comments:

Post a Comment